Home » » Curah Hujan Tinggi, Gunung Merapi Keluarkan Asap

Curah Hujan Tinggi, Gunung Merapi Keluarkan Asap


Menyusul tingginya curah hujan, Gunung Merapi belakangan ini kerap mengepulkan asap. Hal itu merupakan pelepasan gas akibat terkena hujan dan tidak terkait peningkatan aktivitas Gunung Merapi.

Rabu (8/1/2013), kepulan asap akhir-akhir ini kerap terlihat di puncak Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Kepulan asap putih itu terlihat mencapai ketinggian sekitar 300 hingga 400 meter meski berlangsung beberapa menit.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Ggeologi (BPPTKG) Yogyakarta meminta warga lereng gunung tak panik. Kepulan asap putih itu tidak terkait peningkatan aktivitas merapi melainkan hanya dampak dari tingginya curah hujan di puncak gunung.

Hal ini dikuatkan dengan data pemantauan yang menunjukkan deformasi, kegempaan, dan gas masih dalam tingkat normal. Sebagai gunung berapi yang masih aktif, pelepasan gas di puncak Merapi dengan intensitas bervariasi adalah hal biasa.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. Dunia Informasi - All Rights Reserved